ehem…ehem….Seperti Apa Tren Hunian 2011

Posted on 28 Desember 2010

0


Tahun yang baru menjelang. Pada akhir tahun ini, mari kita bicarakan tren untuk tahun depan. Memperbincangkan tren arsitektur dan interior, termasuk material, furnitur, dan warna rumah; tentunya.

Walaupun beberapa arsitek kurang setuju dengan tren dari tahun ke tahun ini, tapi kita selalu terseret arus tren itu. Pemicunya juga beberapa arsitek dan desainer juga. Bahkan sudah sejak pertengahan tahun lalu mereka memprediksikannya.

Soal warna paling banyak dibicarakan. Para produsen cat, terutama, dengan agresif meluncurkan tren warna tiap tahun. Seringkali kita terpengaruh, walaupun seringkali pula tak sesuai dengan kenyataan.

Adakah yang meluncurkan tren warna ungu pada tahun 2010? Sepengetahuan saya tidak ada, khususnya di Indonesia. Ternyata, warna yang dulu berkonotasi tak menarik ini menjadi kegemaran khalayak. Mata saya pun bahkan menjadi “ungu” bila melihat apapun, seperti istilah “mata jadi hijau jika melihat uang”. Warna ungu jadi begitu memikat; untuk baju, sepatu, tas, aksesori, bahkan warna cat atau keramik pada ruangan.

Mengalami kenyataan tersebut, apakah tren itu penting? Bisa jadi penting, terutama untuk menggugah kreativitas kita. Soal kenyataan yang berbeda, itu lain soal. Namun kata Yu sing, seorang arsitek dari Bandung, yang paling penting daripada sibuk mengurus tren adalah terus mencari pemahaman yang mendalam tentang arsitetur dan desain. Sekarang kita memang selalu dituntut untuk menelurkan hal-hal baru; yang berbeda, yang bikin orang tertarik.

Majalah iDEA pun ingin menampilkan hal-hal baru. Setelah berdiskusi dan mengamati yang terjadi tahun 2010, iDEA mempersembahkan sentuhan desain untuk tahun 2011, yang cerdas, simpel, dan personal. Tidak harus ketiganya tercakup dalam desain itu; satu pun cukup tapi dengan nilai estetika yang pasti Anda sukai.

Walaupun demikian,iDEA tak meninggalkan aspek terpenting dalam sebuah rumah; sehat dan nyaman. Tahun depan, kami tetap mengusung kampanye Healthy Home Happy Home, dengan berbagai akivitas nyata di lapangan.

Diunduh dari majalah idea (ideaonline.co.id)