Nuansa Etnik Teras Rumah

Posted on 27 September 2010

0


Teras dan kolam bisa jadi aset berharga sebuah rumah. Bagaimana tidak? Area ini bisa jadi tempat melepas lelah dan stres setelah seharian bekerja. Oleh sebab itu, jangan disia-siakan, buat penataan yang cantik dan nyaman. Contohnya seperti teras dan kolam di foto ini. Dirancang dengan gaya yang sama, membuat keduanya tampil kompak.

Baik teras maupun kolam didesain dengan unsur alami yang kental. Pada teras ditempatkan dua buah kursi kayu bergaya Betawi. Dilengkapi dengan sebuah meja buatan sendiri. Meja tersebut terbuat dari gentong tanah liat.Di bagian atasnya ditempatkan sebuah tampah — wadah yang terbuat dari anyaman bambu, biasa digunakan untuk menempatkan jajanan pasar. Tampah digunakan sebagai alas antara kaca dengan mulut gentong. Sebelum ditutup kaca, di atas tampah ditempatkan beberapa pasir pantai lengkap dengan cangkang kerang. Kreatif!

Sekarang kita tengok kolamnya. Desain kolam ini benar-benar alami. Gemericik air dari air terjun buatan, ditemani beberapa tanaman hijau, memberi rasa sejuk. Tak cuma itu, kolam juga dihiasi rumbai-rumbai daun kelapa, yang biasanya kita temui sebagai atap rumah. Bahkan pemiliknya menempatkan sebuah topeng di sana. Di samping kolam terdapat batang bambu yang dijadikan pengganti keran.

Berada di teras ini, terasa seperti di pedesaan. Duduk-duduk di sini, bisa meredakan stres sejenak, sebelum melanjutkan aktivitas lain di rumah