Tips Cermat Konstruksi Hemat

Posted on 30 Juli 2010

0


Struktur pondasi bangunan memang memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam hal Biaya. Kadang-kadang pembuatan pondasi bangunan memakan 40-50% dari total biaya. Tentu saja hal ini perlu kita cermati sebagai upaya menekan biaya pembangunan.. Dan sebaiknya, desain rumah disesuaikan dengan bentang dan bentuk struktur paling maksimal. Dengan begitu, penggunaan material bangunan tidak menyisakan banyak bahan.

Berikut Tips Cermat Konstruksi Hemat:

Ukuran rumah

Pastikan ukuran rumah Anda merupakan angka genap atau kelipatan angka panjang bahan material. untuk baja, ukuran 3 meter, 6 meter, 9 meter adalah angka ideal. Untuk beton, kelipatan 4 meter merupakan angka yang efektif.

Bentuk rumah

Bentuk denah kotakk atau persegi panjang jauh lebih murah dan efisien dibandingkan bentuk segitiga atau bentuk bersudut lainnya. Dari sisi material bangunan, bentuk melengkung biasanya menyisakan bahan material cukup banyak.

Lahan rumah

Lokasi juga memberi memberi pengaruh besar terhadap biaya struktur dan konstruksi. Memilih lahan  dengan kemiringan yang cukup curam, tentunya akan menambah biaya perataan tanah.

Kondisi cuaca dan iklim setempat

Perhatikan bentuk struktur dan konstruksi rumah tradisional setempat. Biasanya rumah vernakular sudah mengalami proses trial dan Error. Sehingga memperoleh desain yang paling sesuai dengan kondisi alam.

Sumber Daya Manusia

Jika Anda ingin membangun rumah murah, carilah tukang/ mandor yang handal, terlebih jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi pembangunan. Mungkin upah mereka sedikit lebih mahal, namun Anda tidak ingin terjadi pembengkakan biaya hanya karena bongkar pasang keramik kan?

Bagaimana Menurut Anda??

Ditandai: , ,
Posted in: DPC, Tips