Bandung “Cable Car”

Posted on 3 Juli 2010

1


Kota Bandung, Jawa Barat, akan memiliki fasilitas transportasi umum berupa ’cable car’ yang masuk dalam perencanaan pembangunan Bandung Metropolitan Area bantuan dari pemerintah Prancis.

Hal itu dikatakan Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eli Endriani Sinaga, di Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat.

“Di Bandung nanti akan dibangun BMA (Bandung Metropolitan Area) bantuan dari Prancis, salah satunya berupa ’cable car’,” katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah menyusun rencana itu dalam pembangunan BMA yang direncanakan akan ada fasilitas tansportasi modern di Bandung. “Perencanaan tersebut memang dari pemerintah pusat, tetapi ada dana hibah dari Prancis untuk BMA, dan kami sudah menyusun perencanaannya,” katanya.

Ia mengatakan wilayah Kota Bandung memang sudah padat penduduk seperti kota besar Jakarta dan di negara maju lainnya. Kota Bandung yang sudah menjadi kota metropolitan, menurut dia dalam perencanaan BMA salah satunya adalah pengadaan fasilitas transportasi umum yang menjadi prioritas utama, yaitu ’cable car’.

Alasan perlu dibangun ‘cable car‘ di Bandung, menurut dia karena biaya pembangunannya tidak terlalu mahal, dan geografis wilayah Bandung terdiri dataran rendah dan dataran tinggi. “Biayanya tidak terlalu mahal, dan selain itu karena jalan-jalan di Bandung sudah padat kendaraan,” katanya.

Sumber : Kompas
Posted in: Konstruksi