Monokromatis Pada Desain Kamar Mandi

Posted on 25 Juni 2010

0


Pada beberapa desain bangunan rumah di Indonesia, warna monokromatis ini menjadi populer tatkala gaya “minimalis” sedang tren. Hingga kini, beberapa desainer ruang dan arsitek masih rajin menggunakannya.

Olehkarena hanya tersusun dari satu warna saja, dalam memadukan warna monokromatis perlu diperhatikan unsur tone. Hasilnya, terciptakan gradasi dari abu-abu tua hingga abu-abu muda, seperti halnya pada kamar mandi di foto samping.

Warna monokromatis merupakan perpaduan warna yang berasal dari satu warna saja, tetapi memiliki nilai dan intensitas yang berbeda, seakan perpaduannya menghasilkan sebuah gradasi warna.

Pada kamar mandi di foto, warna monokromatis dibuat bergradasi gelap ke terang dari area dalam ke luar. Aplikasinya antara lain pada dinding ruangan.

Untuk meniadakan kesan monoton, desainer kamar mandi, Sigit Antoro, menempatkan beberapa aksesori ruang, seperti luisan pada dinding, dan hijau tanaman pada beberapa sudut ruang. Dengan demikian terciptakan sebuah kamar mandi yang tidak hanya segar di badan, namun juga segar di mata.