Manfaat Skylight Pada Kamar mandi

Posted on 22 Juni 2010

2


Kamar mandi sebagai ruang servis seringkali terlupakan. Desainnya seringkali tidak terlalu diperhatikan. Letaknya juga kadang tidak diperhitungkan dengan baik. Padahal kamar mandi adalah area basah yang sangat memungkinkan menjadi sarang kuman bakteri dan jamur. Pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik adalah solusinya.

Untuk memasukkan cahaya matahari dan mempermudah sirkulasi udara ke dalam kamar mandi Anda bisa membuat jendela di kamar mandi. Jendela ini terkadang dihindari karena bagi sebagian orang dirasa mengganggu privasi. Tetapi ada beberapa solusi jika Anda tetap ingin meletakkan jendela di kamar mandi. Anda bisa memakai kaca buram, atau memberi blind pada jendela itu. Jika intensitas membuka jendela itu sangat jarang lebih baik tempatkan lubang angin yang letaknya di atas ruangan sekitar 1,8m dari lantai.

Selain jendela juga bisa digunakan skylight untuk memasukkan cahaya matahari ke dalam kamar mandi. Hal ini dilakukan terutama bila kamar mandi berada di tengah bangunan. Penutup skylight bisa dari tempered glass, polycarbonate,dan fiberglass. Sirkulasi udara juga bisa dibuat, dengan sedikit mengangkat skylight sehingga terdapat celah yang memungkinkan pergantian udara di kamar mandi.

Cahaya matahari yang masuk dan sirkulasi udara yang baik akan mengurangi kondisi kamar mandi yang lembap. Dengan begitu kuman, bakteri, dan jamur enggan bersarang di kamar mandi yang selalu kering.

Sumber : Ideonline