Desain Ruang Makan Berkonsep Cabana

Posted on 22 Juni 2010

0


Berjalan-jalan ke tempat-tempat baru kerap kali memberi ide dan inspirasi menarik, yang bisa diaplikasikan di rumah. Kali ini inspirasinya datang dari sebuah restoran, By the Beach namanya. Ada penataan unik untuk area makan di tempat bersantap ini. Selain area makan biasa, dengan meja dan kursi, ada pula sebuah area yang disebut cabana.

Pernah tidak melihat pondokan mungil serupa gazebo di dekat pantai? Ada yang membuatnya dengan struktur bambu beratap ijuk, atau tumpukan daun kelapa kering. Tapi tidak jarang juga ada yang membuatnya lebih mewah menggunakan struktur kayu. Yang paling sederhana adalah membuatnya dari tenda, sehingga mudah dipindahkan. Nah, pondokan inilah yang disebut dengan cabana.

Berdasarkan definisinya, cabana memang seharusnya ditempatkan di luar. Tapi di restoran By the Beach, yang memiliki konsep dekorasi ala pantai ini, cabana “diboyong” ke dalam ruangan. Keberadaannya seolah membuat batas antara area makan biasa, dengan area makan yang dibuat lebih akrab dan santai. Padahal konsep cabana-nya terbuka, lho.

Cabana kami sediakan untuk mereka yang datang bersama teman atau keluarga. Walaupun terbuka, tapi feel-nya lebih privat,” ujar Public Relation By the Beach, Georgetta Sukamto. Pihak owner, katanya, sengaja membuat menu dan dekorasi ruangnya senada, ala pantai.

Pondokan pantai di restoran ini rangkanya terbuat dari kayu. Tanpa dinding, tanpa atap. Lantainya dibuat sedikit naik dari lantai utama (split level), sekitar 10cm. Finishing-nya berwarna cokelat muda seperti pasir pantai. Supaya lebih manis, ditambahkan kain lebar dan panjang. Kain tadi disampirkan di rangka bagian atas, cabana jadi seperti berkelambu. Jangan lupa pilih juga warna pantai untuk kainnya. Buat mereka yang ingin tampilan lebih ceria, bisa juga memilih biru laut, tidak harus melulu warna pasir pantai.

Untuk membuatnya di rumah, perhatikan ukuran plafon. Sebaiknya cabana ditempatkan di area luas dan berplafon tinggi. Pasalnya, membuat cabana sama seperti membuat ruang dalam ruang. Buat desain yang sederhana dan terbuka, supaya ruangan tidak terasa penuh dan sempit.

Sumber : By the Beach