Menata Rumah Kecil Anda Agar Tetap Cantik Dan Menarik

Posted on 21 Mei 2010

0


Apa yang terbayang jika Anda harus tinggal dan menata hunian berukuran kecil yang kurang dari 50 m2 dan berbentuk sederhana (hanya berupa persegi panjang)? Anda merasa ‘mati gaya’? |

Desain modern yang minim detail dan irit mebel, dapat dijadikan solusi tepat jika Anda menghadapi problem tersebut. Simak gaya penataan apartemen seluas 37,98 m2 ini. Berukuran mini, namun tetap dapat tampil cantik. Kuncinya, maksimalkan fungsi ruang dan mebel di dalamnya.

Kekurangan jumlah ruang yang sering kali menjadi kendala diatasi dengan menyatukan ruang makan dan dapur, sementara ruang keluarga dengan ruang tamu. Anda dapat menciptakan ruang berfungsi ganda dengan penggunaan perabot khusus. Misalnya, di ruang keluarga yang dapat diubah menjadi ruang tidur, letakkan sofa bed (sofa yang dapat dibuka hingga berukuran satu tempat tidur). Anda dapat membuat lemari yang tinggi hingga ke langit-langit, yang berfungsi sebagai rak penyimpanan berbagai barang sekaligus rak TV. 

Pemilihan warna juga penting dalam menata hunian mungil. Gunakan warna-warna terang agar ruang tidak bertambah sempit, seperti warna off white yang diterapkan pada apartemen ini. Selain memberi kesan luas, warna ini juga mudah dipadankan dengan warna-warna lain sebagai aksen ruang. 

Berikut ini beberapa tips untuk menata ruang
RUANG DUDUK
Sofa dua dudukan (love seat) mendominasi ruang keluarga sekaligus ruang tamu seluas 3×3 m ini. Sebagai aksen, gunakan bantal aneka warna cerah. 

DAPUR
Siasati dapur sempit dengan penggunaan breakfast table sebagai bagian dari kitchen set. Tak hanya berfungsi sebagai pemisah antara area publik dan service, tapi juga mempercantik penampilan dapur. 

KAMAR TIDUR
Agar terkesan luas, lemari pakaian diletakkan di sudut ruang bersisian langsung dengan tempat tidur dan meja rias. Manfaatkan bagian bawah tempat tidur sebagai laci penyimpanan seprai, sarung bantal, dan berbagai upholstery. 

LEMARI
Lemari satu dinding penuh multifungsi: sebagai tempat penyimpanan, meja display, tempat meletakkan microwave dan bahkan kulkas.

Posted in: Tips