Bermain Warna

Posted on 7 Mei 2010

0


Warna memiliki pengaruh yang sangat besar bagi suasana ruang. Hal ini disebabkan elemen warna memiliki daya tarik visual yang teramat kuat sehingga warna sering kali menjadi elemen yang memberikan “kesan pertama” saat seseorang memandang sebuah ruangan dalam selintas pandan. Oleh karena itu , pemilihan warna harus dipertimbangkan dengan baik agar dapat diperoleh kesan ruang yang diharapkan.

Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan warna adalah pengaruh warna secara psikologis. Karenanya, penerapan warna pada suatu ruangan harus memperhatikan efek dan suasana yang mungkin dihasilkan oleh penggunaan warna tersebut.

Secara sederhana, pengaruh warna bisa dirasakan melalui pembagian karakter warna panas dan warna dingin. Warna-warna panas yang meliputi golongan merah kekuningan yang cenderung cerah mewakili kesan hangat, ceria, dan dinamis. Sementara warna-warna dingin yang cenderung kalem meliputi golongan warna biru ke hijau  mewakili kesan tenang, kalem dan statis.

Ruangan juga bisa memiliki kesan yang lebih personal melalui kehadiran warna favorit penghuninya. Pilihan warna favorit ini biasanya diaplikasikan pada ruang-ruang privat

Aksen merah yang hangat

Panel dinding yang menonjol pada ruang keluarga ini tampil sebagai aksen utama di dalam ruangan. Penggunaan warna merah bata yang cukup kontras dengan warna lain, membuat bidang ini tampak lebih menonjol. Selain menghindarkan kesan monoton, penggunaan warna yang aksentuatif ini berhasil menghadirkan suasana yang lebih hangat dan ceria yang mendukung peruntukan ruang keluarga sebagai tempat berkumpul dan bercengkerama.

Menghindari Kesan Monoton.

Umumnya, ruang-ruang dengan suasana yang banyak menggunakan warna-warna netral dengan skema warna monokrom cenderung tampil monoton. Untuk menghindari kesan monoton, gunakan pernik, aksesori atau perabot dengan warna merah yang kontras dan berani  sebagai aksen di dalam ruanga. Stool dengan tempat duduk yang berwarna merah menyala. Misalnya, bisa menjadi aksen yang akan memperkaya tampilan ruangan. warna kontras ini juga dapat ditampilkan sebagai aksen pada aksesoris vas bunga atau hamparan karpet.

Paduan Warna Merah dan Hitam.

Warna merah memiliki karakter yang sangat kuat sebagai warna panas yang berani dan tegas. Salah satu cara mengurangi dominasi warna ini adalah memadukannya dengan warna hitam yang juga memiliki karakter kuat sebagai warna gelap. Paduan tepat dari kedua warna ini dapat menghasilkan interior yang berkelas dan elegan.

Hijau Yang Rileks.

Hijau merupakan warna yang identik dengan alam dan menghadirkan atmosfer yang menenangkan. Pada ruang formal, penggunaan warna hijau berhasil memunculkan suasana yang rileks. Tempat duduk yang nyaman dengan atmosfer ruangan yang santai tentunya cukup berguna untuk menghindarkan kebosanan saat sedang menunggu.

Ruang Duduk Santai Yang Sejuk.

Cara lain mengaplikasikan warna hijau adalah mengaplikasikanya pada salah satu bidang dinding yang menjadi point of interest ruangan. Dengan demikian nuansa warna hijau akan memberi pengaruh dominan pada kesan ruang yang sejuk. Tak peduli apa pun pilihan warna furnitur yang digunakan. Tambahkan vegetasi untuk menyegarkan suasana ruang.

Biru Yang Menenteramkan.

Biru merupakan warna yang sering diasosiasikan dengan laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kedamaian, kenyamanan dan berkesan melindungi. Atmosfer yang dihadirkan warna ini sangat cocok untuk diterapkan pada ruang-ruang peristirahatan seperti kamar tidur. pengaruh lain dari warna biru, terutama biru muda yang terang adalah memberi kesan lega dan luas pada ruangan.

Kombinasi Warna Netral Yang Kalem.

Ruang duduk merupakan ruang yang sering kita gunakan untuk bersantai dan bercengkerama bersama keluarga. Karenanya, suasana yang tenang dan kalem merupakan pilihan yang tepat. Untuk menghadirkan suasana tesebut, penggunaan warna-warna yang netral seperti putih, krem, abu-abu, atau coklat, bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai aksen, berikan sentuhan warna biru muda yang teduh untuk memperkuat kesan ruang yang kalem dan tenang.

Suasana Hangat Dengan Coklat.

Coklat merupakan warna natural yang bersifat netral namun mampu menghadirkan atmosfer kehangatan pada ruangan. Penerapannya pada ruangan menciptakan suasana yang mengakrabkan dan membuat ruangan terkesan lebih intim, karenanya, warna coklat sangat cocok untuk digunakan pada ruang berkumpul seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Agar tidak terkesan monoton, skema warna coklat sebaiknya dipadukan antara coklat tua, coklat muda, hingga putih terang.

Dominasi Kuning Yang Mencerahkan.

Warna kuning dikenal sebagai warna yang cerah dan sega. Warna ini juga cocok dipadukan dengan banyak pilihan warna lainnya sehingga tak heran jika kuning sering dipilih untuk warna cat dinding. Saat dipadukan dengan material kayu pada furnitur ataupun elemen interior lainnya, warna ini akan memberikan suasana ruang yang cerah dan hangat.

Orange Sebagai Aksen Segar.

Warna orange yang cerah dapat membawa atmosfer yang enerjik dan dinamis. Kehadirannya mampu menyegarkan suasana ruangan. Tengok saja ruang duduk yang tampil segar ini. Pilihan warna wallcover bermotif bunga putih diberi aksen kuning –orange pada bagian putiknya. Pilihan warna putih ini kian menonjolkan aksen warna orange yang dihadirkan pada sofa dan bidang dinding di samping ruangan. Sungguh paduan warna dan motif yang kaya dengan stimulasi visual.

Posted in: DPC