DPR Akan Bangun Gedung Baru Rp 1,8 T

Posted on 1 Mei 2010

2


Dewan Perwakilan Rakyat berencana membangun gedung baru senilai Rp 1,8 triliun. Gedung itu dibangun karena kondisi Gedung Nusantara I sudah sangat mengkhawatirkan.

“Saat ini masih persiapan,” kata anggota Badan Urusan Rumah Tangga DPR, Bambang Sutrisno, saat dihubungi, Jumat 30 April 2010.

Bambang menjelaskan, DPR sudah mengajukan anggaran ke pemerintah untuk membangun gedung baru setinggi 33 lantai. Untuk tahap awal, DPR mengajukan anggaran Rp 250 miliar dari total Rp 1,8 triliun. “Rp 250 miliar itu untuk tahap pertama,” jelasnya.

Pembangunan ini, lanjut Bambang, terkait dengan kondisi Gedung Nusantara I yang sudah mengkhawatirkan. “Kalau lantai karpet dibuka banyak yang retak, dan pada saat gempa kemarin kita sampai deg-degan,” jelasnya.

Selain itu, Gedung Nusantara I dirancang untuk menampung 800-900 orang. Dan saat ini gedung itu sudah kelebihan muatan. “Dulu anggota dewan kan cuma 500, sekarang anggota saja 560 dan tiap anggota mempunyai asisten satu orang. Jadi sudah dua kali lipat kan,” ujarnya.

Untuk sementara, DPR akan memperkuat rangka Nusantara I. DPR juga akan mengurangi beban dari gedung itu. “Misalnya meja-meja yang sudah tidak terpakai akan dikeluarkan supaya tidak menambah bebannya,” jelasnya.

Bambang menjelaskan, gedung baru itu direncanakan akan selesai pada pertengahan 2012. Dan dapat menampung seluruh anggota DPR serta lima stafnya. Untuk tahap pertama akan dibangun basement hingga lantai tiga. Gedung ini nantinya akan dibangun tepat di sebelah Nusantara

Viva news

Posted in: Hot News