Desain Kamar Mandi Minimalis

Posted on 29 April 2010

2


Dalam buku berjudul Practical Ideas for Kitchens and Bathrooms dikatakan bahwa kamar mandi berukuran kecil juga bisa nyaman dan fungsional. Hal ini menuntut kepintaran pemiliknya dalam menatanya.

Ketika menata kamar mandi, salah satu poin penting adalah hindari lahan mati. Maksudnya, jangan sampai ada lahan yang tersia-siakan. Manfaatkan semua sudut yang ada seefektif mungkin. Tapi jangan sembarang menempatkan lemari atau rak, ya. Kalau memang tidak diperlukan, jangan sungkan untuk menyingkirkannya.

Pilihan warna juga berpengaruh besar, lho. Pilihan warna-warna pucat pas sekali diaplikasikan di kamar mandi berukuran sempit. Kenapa? Soalnya warna gelap membuat ruangan tampak lebih sempit. Kalaupun mau tetap menggunakan warna gelap, jangan aplikasikan pada bagian-bagian ruangan yang dominan, seperti dinding.

Kamar mandi di foto ini contohnya, berukuran 2,5mx2m. Meski berukuran relatif kecil, kamar mandi ini tetap berfungsi maksimal. Pilihan warna putih sebagai warna dominan, membuatnya tampak lebih terang, bersih, dan lega. Warna hitam diaplikasikan sebagai penyeimbang. Jangan lupakan peran cermin dan penggunaan material kaca pada shower area. Keduanya membuat kamar mandi terasa lebih “ringan”.