Agar Balkon Terlihat Natural

Posted on 29 April 2010

0


KOMPAS.com –  Ini dia balkon yang pas banget untuk rumah di daerah tropis. Dominasi kayu membuat balkon kental dengan sentuhan natural.

Balkon jangan dibuat ala kadarnya. Bagian ruang luar rumah yang satu ini juga patut didandani. Selain membuat tampilan rumah jadi lebih cantik, pun membuat Anda lebih nyaman menghabiskan waktu di sana. Mau contoh?

Balkon ini ada di rumah Wirianto, di Bekasi. Kayu bangkirai menjadi elemen utama di balkon seluas 24,375 m2 ini. Lantai, tiang, dan atap, tidak luput dari sentuhan kayu ini. Untuk lantai, dipilih kayu dengan motif garis, tampilannya pun estetis.

Lantai disusun dengan pola melintang dan membujur, sehingga tidak tampak polos. Susunan demikian juga jitu menyiasati pemuaian dan penyusutan kayu, akibat perubahan cuaca. Pun memberi gradasi warna yang indah.

Struktur atap balkon juga pakai kayu bangkirai. Sebagai penutup atasnya, digunakan lembaran polikarbonat. Lembaran transparan ini, di siang hari, meneruskan sinar matahari, sehingga membentuk bayangan yang cantik. Selain itu, polikarbonat membuat tampilan atap lebih ringan.