4 Langkah Mengolah Area Hijau di Kolam Renang

Posted on 28 April 2010

2


Area hijau kolam renang bergaya Bali atau Minimalis (https://deskonstruksi.wordpress.com)

Memiliki kolam renang sendiri memberi prestige berbeda di rumah kita. Banyak manfaat yang didapat dengan hadirnya kolam renang,di antaranya memberi ruang terbuka yang nyaman untuk bersantai, menjadi sarana olah raga yang mengasyikan untuk keluarga dan juga tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.
Biasanya, kolam renang hadir di rumah-rumah yang memiliki pekarangan luas. Untuk itulah perlu penataan ekstra agar kehadirannya tampak lebih menarik. Tidak hanya kehadiran kolam renangnya, area sekitar pun perlu perhatian khusus. Bila tidak, kesan “kering” dan tidak menarik menjadikan kolam renang tidak asyik lagi. Berikut ada 4 langkah yang dapat dilakukan untuk mengolah area kolam renang menjadi lebih menarik lagi

Tentukan Tema Suasana

Banyak tema yang dapat dihadirkan di area kolam renang, tema-tema natural bergaya Bali atau minimalis yang cenderung modern, semua tetap dapat membuat kolam renang tampil cantik.Kenali setiap detil dan ornamen dari tema tersebut, mulai jenis tanaman, furnitur outdoor, sculpture hingga pola perawatannya. Apapun temanya, usahakan area hijau yang anda buat tidak terlalu dekat atau minimal berada di radius 1,5 m dari kolam renang.
Pilih Jenis Tanaman Yang Sesuai
Pemilihan jenis tanaman menjadi hal penting di sekitar kolam renang.Pemilihan tanaman yang tidak tepat,seperti mudah menggugurkan daun, akan membuat kolam mudah keruh dan menghambat saluran drainase kolam. Untuk jenis tanaman besar pilih Palem atau tanaman berdaun besar, seperti Palem Putri (Veitchia merrilli), palem Bismarkia ( Bismarckia nobilis), Palem Silver (Coccothrinax argentea), Palem merah (Crytostachys rendra), Palem Royalm( Roystonea regia) dan Kamboja.
Sedangkan tanaman semak, sebaiknya ditanam jauh dari kolam dan tidak menghalangi jalan menuju kolam renang. Hindari juga jenis tanaman semak berdaun kecil yang daunnya mudah tertiup angin. Jenis puring , Draseina, Kamboja Jepang, Daun Bahagia dan lain-lain, adalah jenis -jenis tanaman semak yang dapat ditanam di area kolam renang.
Beri Perkerasan (Hard Scape) Secukupnya.
Untuk menghindaribecek dari percikan air kolam, sebaiknya di sekitar area kolam renang diberi elemen perkerasan (Hard Scape). Perkerasan juga dapat diberikan di sepanjang jalan menuju kolam renang berupa jalan setapak atau stepping stone. Material yang digunakan dapat berupa batu alam atau beton.
Selain mengolah area lantai di sekitar kolam renang, untuk menambah estetika lakukan juga pengolahan pada dinding pembatas di dekat kolam renang. Pengolahan dapat berupa menambahkan relief atau penggunaan batu alam yang disusun dengan pola tertentu.
Furnitere Taman Yang Sesuai.
Tidak lengkap bila area hijau di sekitar kolam renang tidak dilengkapi furniturenya. Bangku taman, ayunan dan sunbrella, dapat dipilih salah satu. Pilih furniture taman yang terbuat dari material yang low maintenance dan tahan terhadap cuaca maupun udara luar. Material kayu, besi tempa, bambu, rotan, rotan sintetis dan kayu kelapa banyak dijadikan pilihan untuk material furniture taman.,
Sumber : Deskonstruksi Personal Company