Batu Koral Mencegah ‘Banjir’ di Kamar Mandi

Posted on 22 April 2010

0


Walau dijaga benar-benar, ketika mandi pasti ada saja air yang tumpah ke luar. Kalau begini, mau menjaga kamar mandi tetap kering jadi susah. Jadi, bagaimana, dong?

Salah satu syarat kamar mandi sehat adalah kondisi ruangan yang tetap kering. Sebab, jika dibiarkan lembap, bakteri dan jamur jadi mudah berkembang biak. Tapi, yang namanya kamar mandi pasti terdapat cipratan air. Meski sudah menggunakan shower, cipratan air tetap sulit dibendung.

Memasang penghalang seperti shower curtain ternyata tidak banyak menyelesaikan masalah. Air memang sedikit terhalang, tapi keberadaan air di tepi area mandi ataupun bath tub hampir tak bisa dihindari. Apalagi, jika yang menggunakannya anak-anak. Air bisa sampai menggenang atau membanjiri bagian lain dari kamar mandi.

Tapi, tenang. Tidak ada masalah yang tak bisa diatasi. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa membuat sedikit cerukan di samping area mandi. Tak perlu terlalu dalam, cukup sekitar 5 cm dengan lebar 10 cm. Supaya tak membuat Anda tersandung, taburkan saja batu koral di dalamnya. Area sekitar tetap kering, kamar mandi pun tampak lebih manis. Jadi mendapat keuntungan ganda, deh.

Kalau dirasa belum cukup aman dari cipratan air, lengkapi juga dengan keset. Letakkan di sisi area mandi, tak jauh dari cerukan berisi batu koral tadi. Karena sudah diberi jarak sekitar 10 cm, air yang tumpah tentu tak akan terlalu banyak. Maka, Anda cukup mengelap lantai dengan keset untuk menjaganya agar tetap kering.

Tak sulit, bukan? Kalau kamar mandi bisa selalu kering, untuk mempercantik tampilannya pun menjadi lebih mudah. Bahkan, Anda bisa menggunakan parket di kamar mandi tanpa takut merusak lapisannya

Sumber : Kompas