Ragam Elemen Keras (Hard Scape) Pada Taman Minimalis

Posted on 19 April 2010

0


Sebuah taman yang harmoni dan asri merupakan paduan antara penataan elemen-elemen di dalamnya. Elemen taman memberikan pengaruh terhadap kesan yang akan muncul, terutama terhadap penampilan bnagunan rumah dan lingkungan sekitarnya.

Elemen pada taman minimalis merupakan bagian atau unsur yang dapat membuat komposisi taman menjadi lebih indah dan tertata dengan kompak serta tetap memiliki prinsi-prinsip minimalis tersebut. Pada taman, umumnya elemen terbagi menjadi dua bagian, yaitu elemen keras (hard scape) dan elemen lunak (soft scape). Elemen-elemen tersebut memiliki karakter dan ragam jenis yang akan saling melengkapi sehingga taman pun dapat tampil fungsional.

Elemen Keras memiliki material bahan yang keras.  Elemen tersebut terdiri dari tanah, beragam batu, pedestrian, pagar, bangku taman, gazebo, pot tanaman, dan sebagainya. Bahan material untuk elemen keras (hard scape) bersifat keras, seperti beton, logam, kayu, dan sebagainya.

Elemen keras (hard scape) pada taman minimalis memiliki karakter tanpa ornamen pada setiap elemennya. Kesan dingin dan kaku dari elemen tersebut sangat mendominasi karena penampilan material yang dominan.

Material batu sebagai elemen keras (hard scape) digunakan pada taman ini. Penempatannya ditata dengan sederhana, misalnya dengan komposisi yang radial. Batu tersebut dibiarkan apa adanya dengan peletakan berbagai komposisi radial, diagonal dan sebagainya. Jenis batu yang dipakai pun beraneka ragam, mulai dari batu kali, batu koral, batu sikat, dan batu alam lainnya. Batu tersebut dapat ditempatkan untuk melengkapi elemen taman yan lunak (soft scape) sehingga tampil lebih anggun. Sementara batu alam yang berukuran kecil dapat digunakan dengan jumlah yang banyak sebagai ground cover, jalan setapak, atau pedestrian.

Aksesori taman seperti kursi taman, pot taman dan  lampu taman memiliki bentuk-bentuk yang geometris tanpa detail yang rumit sehingga penataan yang minimalis menjadi satu kesatuan antara bangunan dan elemen keras taman.

Deskonstruksi Personal Company