Mengatur Ruang Kerja Pribadi di Rumah Mungil,

Posted on 18 April 2010

0


ruangkerja2

Bekerja di rumah memberi banyak keuntungan. Anda dapat mengatur sendiri tahapan kerja dan bagaimana pengerjaannya. Selain itu, Anda juga lebih bisa mengatur lingkungan kerja. Anda bisa memilih di mana Anda duduk, jenis pencahayaan yang cocok, bentuk meja dan sebagainya. Itu memberi kesempatan pada Anda untuk membuat rancangan yang dapat meningkatkan produktivitas dan keefektifan, afar Anda bisa meraih kesuksesan yang Anda tuju. Segala sesuatu di ruangan harus mendukung, bukan melawan Anda.

Banyak orang menggunakan kamar tidur sebagai kamar kerja. Dalam pandangan feng shui, adalah sulit menciptakan lingkungan yang sesuai untuk tidur sekaligus kerja. Karena kebutuhan kedua hal itu berlawanan. Karena itu, sebaiknya gunakan ruangan terpisah sebagai kantor atau tempatkan ruang kerja Anda di ruang duduk.

Salah satu tantangan untuk kantor di rumah, studio atau ruang kerja yang modern adalah menyeimbangkan radiasi elektrik dari berbagai peralatan elektronik dengan energi chi yang lebih alami. Posisi meja dan kursi terhadap komputer, printer, telepon, mesin fak dan mesin foto kopi adalah vital. Begitu juga dengan arah benda-benda itu di dalam ruangan.

Posisi ideal untuk kantor di rumah adalah timur, tenggara, selatan dan barat laut rumah Anda. Setiap posisi mempunyai kebaikan, tergantung pada jenis bisnis atau tingkat karir Anda.

Timur mempunyai energi chi yang membantu Anda menjadi lebih sibuk, aktif, terfokus dan dapat mewujudkan ide menjadi kenyataan. Itu adalah posisi terbaik untuk memulai bisnis baru, atau mengawali suatu karier. Energi chi di tenggara begitu juga, tetapi lebih lunak. Energi itu baik untuk komunikasi dan perkembangan serta pertumbuhan bisnis yang harmonis.

Energi chi yang berapi-api di selatan akan membantu Anda lebih memperhatikan bisnis Anda, dan akan lebih menggiring ANda untuk meraih pengakuan atas sukses Anda. Kalau sukses Anda ada di mata publik, selatan adalah tempat yang baik untuk kantor Anda.

Barat laut ideal untuk kepemimpinan, organisasi dan untuk mendapatkan serta mempertahankan rasa hormat dari orang lain–kualitas yang membantu kalau Anda bekerja dengan atau membawahi sebuah tim.

Atmosfer ideal untuk kantor adalah sibuk dan bersemangat, tetapi tidak menimbulkan stress. Ruang itu harus membuat Anda gembira selama berjam-jam. Karena itu, perlengkapan kantor di ruamh harus lebih bersifat Yang, tetapi seimbangkan dengan elemen yang lebih tenang bersifat Yin.

Ruang kerja biasanya mempunyai banyak barang– kertas, file, buku dan sebagainya. Buatlah rak dalam jumlah yang cukup agar kertas Anda terlihat rapi dan teratur. Hindari juga kemandekan chi karena keadaan yang berantakan. Sebaiknya rak dan lemari dalam keadaan tertutup.

Meja kerja dan perlengkapannya berpengaruh pada produktivitas Anda. Meja besar akan membantu Anda merasa bermartabat dan kuat. Selai itu, meja seperti itu, mengandung kesan bahwa Anda mempunyai keleluasaan untuk berkembang. Meja kecil yang penuh bisa membuat Anda tegang dan merasa langkah Anda terhalang.

Meja bundar atau oval bisanya lebih disarankan daripada meja bujur sangkar atau persegi panjang. Kedua meja yang disebut pertama itu lebih rileks untukpekerjaan yang makan waktu lama. Dan karena tidak mempunyai sudut tajam, chi memotong tidak terbentuk.

Meja kayu menunjang aliran energi chi yang alami, membuat Anda merasa betah di rumah. Kayu lunak bersifat yin seperti pinus menumbulkan perasaan rileks, sedangkan kayu keras seperti jati dan mahoni bersifat formal. Kaca bersifat memberi rangsangan semangat, tetapi untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu lama sebaiknya digunakan kayu.

Anda harus memperhitungkan kebutuhan orang lain, selain kebutuhan pribadi. Bila ada beberapa orang bekerja di ruangan yang sama dan merupakan satu tim, atur kursi-kursinya dalam posisi yang harmonis. Biasanya, yang terbaik adalah meja-meja ditata menghadap pusat ruangan.

Kalau Anda biasa melakukan rapat di rumah, atur kursi-kursinya agar tamu Anda merasa nyaman bekerja dengan Anda. Kalau ruangan kerja tersebut cukup besar, cobalah membuat sekat atau raungan rapat khusus. Prinsip-prinsipnya mirip dengan pengaturan tempat tamu pada saat perjamuan makan malam atau ruangan tamu. Setiap arah harus mempunyai karakteristik khusus yang menonjolkan kualitas setiap oang yang duduk di posisi tersebut.

Saya memiliki Access Point, terhubung ke switch 16 port dan ADSL unlimited dilantai atas yang menjadi lokasi lab komputer mini.

Apa saja sih kebutuhan utama ruang kerja ini ? Berikut adalah beberapa standar yang saya inginkan :

  1. Memiliki jendela untuk melihat angkasa . Lebih baik lagi jika jendelanya rendah, karena sejuk
  2. Berukuran cukup lapang, minimal 3X3 meter (yang sekarang adalah 3.5 X 4 meter)
  3. Ada meja kerja
  4. Ada credenza (lemari kecil)
  5. Ada lemari buku
  6. Ada aquarium
  7. Ada akses internet
  8. Ada akses direct line telepon (untuk fax dan internet)

Saat ini ada banyak yang perlu saya kerjakan untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman namun mengerjakan sesuatu yang kita inginkan selalu menyenangkan bukan ?

Ada lagi keinginan saya yang belum bisa terpenuhi, yaitu memiliki gazebo ditengah taman untuk tidur-tiduran dan bekerja sambil memancing

Bagaimana dengan ruang kerja idaman anda ?