Desain Dapur Mungil yang Cantik

Posted on 18 April 2010

1


Dapur mungil bukan berarti harus dibuat seadanya. Dapur mungil ini, walau berukuran mini, keberadaannya tetap fungsional.Di sisi lain, malah membuat interior rumah jadi menarik.

Jika di rumah hanya tersedia sedikit lahan untuk dapur, jangan pasrah begitu saja. Di sana bisa dibuat dapur cantik walau berukuran mungil kok. Buktinya, lihat dapur berukuran 2,1m x 1,8m di foto ini. Walaupun ukurannya relatif kecil, dapur ini bisa menampung ruang makan juga ternyata.

Kunci pertama solusi desain pada dapur yang menempati ruang mungil ini adalah pembuatan kabinet yang menerus hingga plafon. Tujuannya supaya bisa menampung berbagai peralatan masak dan perangkat dapur lainnya. Untuk wadah penyimpanan tambahan, dibuatlah kabinet dan rak gantung di sisi lain dinding dapur, di atas area meja makan yang menempel ke dinding. Rak yang terbuka bisa digunakan untuk mewadahi pajangan, dinner ware, atau peralatan masak yang sering digunakan. Jadi tak perlu repot membuka tutup lemari.

Berjarak sekitar satu meter dari kitchen set ditempatkan meja makan. Meja berukuran 160cm x 70cm x 70cm (PxLxT) ini dibuat menempel ke dinding. Supaya tersedia ruang sirkulasi yang cukup untuk lalu lalang orang di dapur. Desainnya pun dibuat ramping dan sederhana. Dengan kaki meja terbuat dari besi pipa.

Dominasi warna putih juga sangat menolong untuk membuat dapur ini terang dan terasa lapang. Kalau Anda perhatikan, kabinet bawah kitchen set dibuat melayang. Di bagian bawahnya diberi pencahayaan. Selain untuk mempercantik, juga untuk menjaga dapur lebih mudah dibersihkan. Pencahayaan yang cukup membuat kotoran lebih jelas terlihat.

Bagaimana? Sudah terbukti, kan, dapur mungil bukan berarti tidak bisa tampil fungsional dan optimal?

About these ads