Ide Maksimal Di Rumah Mungil

Posted on 16 April 2010

0


Konsep Ruang Rumah Mungil

Buatlah ruang yang satu dan yang lainnya dengan konsep menyatu tanpa partisi. Seperti ruang tamu dan ruang makan dapat dibuat tanpa dinding pemisah sehingga menyatu satu dengan yang lainnya.

Konsep menyatukan ruang yang satu dengan yang lainnya ini sangat efektif untuk memberikan kesan yang lebih luas di dalam rumah. Untuk memanipulasi ruang yang kecil dapat pula diletakkan cermin pada dinding sebagai elemen dekorasi.

Tempat yang paling pas untuk meletakkan cermin adalah pada ruang yang sering dipakai oleh penghuni rumah seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Tapi, jangan letakkan cermin di bagian yang sering diterpa cahaya matahari. Sebab, pantulannya bisa membuat silau.

Bukaan Cahaya Alami

Gunakan bukaan untuk pencahayaan seperti jendela dengan dimensi yang cukup besar. Selain untuk pencahayaan alami, bukaan jendela yang besar juga dapat memanipulasi ukuran ruang yang kecil.

Membuat skylight (bukaan cahaya dari atas ruang) untuk pencahayaan dalam ruang juga dapat memberikan efek yang berbeda pada sebuah ruangan. Selain itu konsep seperti ini juga meminimalkan penggunaan cahaya buatan dalam rumah atau hemat energi.

Innercourt Untuk Perluas Ruang

Terkadang taman yang berada di belakang maupun samping rumah menjadi tidak terawat atau bahkan terbengkalai keberadaannya. Kita dapat memperluas area taman ini menjadi bagian dari ruang dalam namun dengan fungsi tetap sebagai taman.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan taman tersebut sebagai innercourt (taman kering). Di atas innercourt dapat kita tutup dengan skylight untuk pencayaan dan melindungi dari hujan.

Dengan adanya innercourt yang menyatu dengan ruang dalam membuat ruangan terasa lebih besar dan ruangan yang ada di dalamnya tidak terasa sumpek. Untuk taman kering dalam innercourt, penggunaan tanaman haruslah diperhatikan, karena cahaya matahari tidak maksimal di area ini, penggunaan rumput tidak disarankan karena tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Salah satu solusinya adalah menggunakan koral untuk menutup permukaan tanah. Tanaman hias yang tidak memerlukan banyak sinar matahari juga bisa diaplikasikan ke dalam innercourt ini sehingga akan tetap terlihat hijau.

Posted in: Tips