Desain Kamar Tidur Anak Ukuran 4 x 4

Posted on 14 April 2010

1


Dalam kehidupan sehari-hari , tanpa sadar warna dapat mempengaruhi tubuh kita. Dapat dibayangkan bila anda tinggal di suatu ruangan yang berwarna hitam kelam atau coklat tua , pastilah tubuh dan pikiran anda enggan untuk berlama-lama tinggal di tempat tersebut. Contoh sederhana tersebut menjadi salah satu dasar dari terapi warna ini. Jika kombinasi warna tertentu dapat menyebabkan pikiran kita stress dan depresi maka pastilah ada kombinasi warna lain yang menyebabkan pikiran kita tenang dan rileks.

Banyak praktisi dan peneliti mendasarkan terapi warna pada energi tubuh yang terfokus pada tujuh titik mayor yang disebut dengan ‘ cakra’. Setiap cakra ini berkorelasi dengan sistem organ dan warna tertentu. Pada kasus mbak, kita mengkhususkan pada fungsi dari warna biru..Hubungan antara cakra, organ dan warna biru adalah :

Biru : berhubungan dengan cakra tenggorokan . Warna biru merupakan warna yang menenangkan dan sangat baik digunakan untuk mengatasi insomnia, gastritis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma dan migren. Warna pelengkapnya adalah oranye.

Sedangkan penggunaan warna biru untuk relaksasi :
Pernafasan warna : teknik ini merupakan salah satu bentuk teknik visualisasi. Anda dapat membayangkan menghirup dan menghembuskan warna tertentu. Teknik ini dapat Anda lakukan sebelum tidur atau saat Anda bangun pagi hari.

  • Carilah tempat yang nyaman untuk duduk atau berbaring.
  • Bernafaslah dalam , teratur dan perlahan.
  • Bayangkan diri anda dikelilingi oleh warna tertentu yang anda inginkan.
  • Saat Anda bernafas, bayangkan tubuh anda menghirup warna ini dan bayangkan warna tersebut menyebar di seluruh tubuh anda.
  • Saat Anda menghembuskan nafas bayangkan Anda menghembuskan warna pasangannya ( seperti saat Anda menghirup nafas berwarna biru maka hembuskan warna oranye. Warna kuning dengan ungu muda, hijau dengan ungu tua ).

Selain dengan teknik tersebut di atas bila memungkinkan Anda dapat pula menata kembali ruangan anda dengan warna yang sesuai. Misalnya saja Anda dapat memulainya dengan mengganti warna sprei maupun sarung bantal dengan warna biru bila saat ini Anda menderita stress dan ketegangan.

Gambar salah satu sisi dinding dengan cat berwarna biru dikombinasikan dengan warna oranye sebagai warna minor untuk membuat kesan bidang pada listplank dan area objek gambar, lukisan, cermin , dll.

Soal kombinasi warna cat dikamar, anda bisa menggabungkan warna biru sebagai warna dominan, dan ditambahkan dengan warna oranye. Oranye bisa anda gunakan untuk warna listplank, atau membuat unsur garis atau bidang (misalnya sebagai frame lukisan, bidang tempat meletakkan cermin, dsb) didalam ruangan, kemudian didalam unsur bidang tersebut anda juga bisa menambahkan perhiasan dinding dengan unsur warna biru, misalnya : gambar panorama di pantai, atau birunya air laut, dsb.

Untuk fungsi kamar sebagai tempat kerja dan kamar yang terasa terlalu sempit, anda mungkin tidak harus mengeluarkan semua barang2 anda.. tapi pilihlah barang apa saja yg paling penting menurut intensitas pemakaiannya. Idealnya dalam kamar yg difungsikan sebagai tempat kerja, biasanya terdapat barang : 1 buah lemari (ukuran tidak jumbo yah), 1 meja kerja yg bisa difungsikan sebagai meja komputer, rak buku yang digantungkan di dinding, tempat tidur (spring bed untuk 2 orang tp bukan yg queen size) + tv. Penempatan meja komputer/meja kerja sebaiknya berdekatan dengan rak buku anda.. Sehingga antara meja kerja dan rak masih terdapat dalam satu area yang mudah anda jangkau. Rak gantung, selain sebagai tempat menyimpan koleksi buku anda, juga dapat anda tambahkan fungsinya sebagai tempat menyimpang koleksi souvenir, aksesoris, atau artworks (seperti: foto frame, boneka, jam, dsb). Asal penataannya rapi saya yakin muat dalam kamar ukuran 4×4.

Satu hal lagi yang mungkin perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menyimpan alat/barang elektronik (kulkas, water heater/dispenser, cake toaster, dll) dikamar,karna barang-barang elektronik tsb akan menghasilkan suhu/temperatur yg panas. Disamping itu juga jika tidak terlalu banyak menyimpan barang dikamar, sirkulasi udara akan lebih baik, sehingga kesegaran kamar akan lebih terjaga.