Ragam Tanaman Untuk Taman Minimalis

Posted on 12 April 2010

2


Elemen lunak (soft scape) pada taman minimalis terdiri dari jenis tanaman mulai dari rumput hingga pohon. Karakter pada elemen lunak berupa tanaman yang memiliki garis-garis tegas, sederhana, dan ringan. Fungsinya memperkuat penampilan bangunan sehingga memperoleh keselarasan konsep antara taman dan bangunan rumah.

Ada dua jenis tanaman yang termasuk pada taman minimalis, yaitu tanaman yang memerlukan sedikit air dan tanaman air. Berikut ini merupakan jenis tanaman yang digunakan pada tanaman berkonsep minimalis.

  • Tanaman bernuansa gurun atau yang memerlukan sedikit air di antaranya sikas, palem pendek, siklok, yucca, dan jenis kaktus
  • Adenium atau kamboja Jepang dapat menjadi tanaman jenis favorit untuk menghiasi taman minimalis. Jenis tanaman ini tidak memerlukan banyak air, tetapi memerlukan sinar matahari yang banyak.
  • Kelompok tanaman rumput antara lain typha, enceng gondok, bambu Jepang, pohon bawang brojol, arachis sebagai ground cover, dan ciperus.

Tanaman jenis typha saat ini menjadi pilihan favorit untuk menghiasi taman berkonsep minimalis, karena berkarakter garis-garis tegas dan mudah perawatannya. Kelompok tanaman rumput biasanya diletakkan di taman kolam, sebagai tanaman pagar, dan aksen pada pintu masuk rumah.

Elemen air menjadi bagian penting karena kejernihannya yang dapat merefleksikan bayangan ke bangunan. Refleksi air tersebut dapat membuat tampilan bangunan minimalis yang kaku menjadi lebih dinamis. Elemen air tersebut diaplikasikan pada kolam atau fountain. Bentuk kolam dan fountain mengikuti prinsip minimalis, yaitu sederhana dengan bentuk-bentuk yang geometris. Di sekitar kolam dapat dilengkapi dengan tanaman air, seperti pisang hias (Heliconia sp), puring dan pandan bali.