Perawatan Taman Minimalis

Posted on 12 April 2010

0


Agar taman tetap tampil memikat dan lingkungan rumah semakin nyaman, maka taman perlu dirawat. Perawatan taman minimalis ini dapat dilakukan di waktu luang di akhir pekan atau setiap hari. Taman berkonsep minimalis berfungsi sebagai penunjang gaya bangunan. Gaya penataan taman minimalis juga mempermudah perawatan tanaman dan elemen lansekap lainnya. Ada beberapa elemen taman yang perlu dirawat dan dipelihara, di antaranya softscape dan hardscape.

Tanaman yang digunakan pada taman minimalis bersifat praktis dan mudah dirawat. Penyiraman tanaman sangat diperlukan, setidaknya satu kali dalam sehari pada pagi hari atau sore hari. Jika musim kemarau, lakukan penyiraman dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Hal tersebut dilakukan karena tanaman pada musim kemarau memerlukan air lebih banyak sehingga tanaman tetap segar, namun pemberian air jangan berlebihan karena dapat membuat tanaman cepat busuk. Selain penyiraman, perlu juga dilakukan pemupukan, paling tidak satu bulan sekali. Hal tersebut dilakukan agar tanaman terhindar dari hama penyakit dan berumur panjang.

Tanaman yang dominan digunakan di taman minimalis adalah tanamankering dan tanaman air. Untuk tanaman yang kering membutuhkan banyak sinar matahari, seperti adeniu, let