Membangun Rumah Hemat Listrik

Posted on 24 Maret 2010

0


Harga listrik dari PLN rencaananya akan memberlakukan insentif dan disinsentif kepada pelanggan. Insentif atau potongan akan diberikan kepada pelanggan yang mampu berhemat, sedangkan disinsentif atau denda akan dikenakan pada pelanggan yang boros listrik.

Daripada anda harus membayar denda tiap bulan, lebih baik berinvestasi pada rumah anda, sehingga rumah tetap nyaman dan tagihan listrik dapat ditekan. Berikut ini beberapa tips mengurangi tagihan listrik di rumah anda dan menjadikan rumah menjadi hemat energi listrik.

Pertama, perbanyak ventilasi untuk memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari. Namun, sebaiknya ventilasi yang dibuat untuk pencahayaan menghadap utara atau selatan, sehingga tidak terkena matahari langsung yang dapat merusak furniture. Selain itu ventilasi sebaiknya bukan untuk ruangan yang membutuhkan pencahayaan intensif seperti ruang kerja, tetapi ruangan seperti ruang tamu atau kamar mandi.

Kedua, kurangi sekat atau dinding yang tidak perlu. Gunakan ruangan yang multi fungsi sehingga pencahayaan dapat dihemat.

Ketiga, gunakan lampu otomatis. Lampu otomatis akan langsung mati sesuai dengan waktu mati yang telah ditentukan pemilik rumah.

Terakhir, gunakan cermin untuk memantulkan cahaya, sehingga dapat dipergunakan oleh ruangan yang lebih banyak.