Sudah Kuatkah Dinding Rumah Anda?

Posted on 11 Maret 2010

0


Dinding adalah suatu elemen bangunan yang membatasi dan kadang melindungi suatu area. Umumnya, dinding membatasi suatu bangunan dan menyokong struktur lainnya, membatasi ruang dalam bangunan menjadi ruangan – ruangan, atau melindungi atau membatasi suatu ruang di alam terbuka. Dinding berpengaruh besar, terutama dalam melakukan aktifitas sehari – hari. Contoh : apabila kita sedang melakukan pekerjaan, dimana kita butuh privasi, ketenangan dan tidak ingin terganggu oleh aktifitas di luar kita, maka dinding dapat membatasi hal tersebut.

Fungsi dari ruangan / bangunan yang dibutuhkan, tentu saja menentukan dalam pemilihan bahan yang akan digunakan. Apalagi bila kita ingin melindungi aset / barang – barang kita di dalamnya, tentu saja dinding yang digunakan bukanlah yang terbuat dari kaca / kayu / bambu, karena bahan – bahan tersebut mudah untuk dibobol.

Apakah anda menginginkan hal ini terjadi pada rumah / kantor / gudang / tempat kerja anda?

Tentu saja jawabannya adalah tidak.

Pembobolan di atas, terjadi pada saat rumah ditinggal kosong oleh penghuninya. Secara sadar / tidak, dapat dilihat bahwa sekarang ini semakin meningkat tingkat kejahatan yang terjadi, akan tetapi hal ini diimbangin juga  dengan diciptakannya teknologi dan berkembangnya sistem keamanan.

Anda dapat menentukan pilihan mana yang cocok untuk digunakan. Tentu saja akan lebih baik apabila anda dapat memadukannya antara sistem keamanan dan bangunan, sehingga apa yang anda investasikan tidak sia-sia. Apakah anda sudah memikirkan hal ini pada saat anda membangun rumah / kantor / gudang / tempat kerja anda?

Cobalah untuk menambahkan Active Safety (misalnya satpam, camera cctv, alarm) dan Passive Safety (dinding yang kokoh, teralis pada pintu dan jendela). Salah satu contoh aplikasi  Passive Safety yang baik adalah penguatan dinding dengan menggunakan panel beton reinforced.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bangunan kokoh dan aman maka diciptakanlah suatu sistem konstruksi multi fungsi yang dinamakan b-panel. b-panel adalah sistem kontruksi beton yang ringan dan kuat, dimana terdapat lapisan beton dan lapisan wiremesh baja mutu tinggi pada kedua sisi sehingga kuat terhadap gaya tekan, benturan, dan tahan terhadap gempa. Selain itu terdapat juga lapisan polystyrene yang bagus untuk insulasi suhu dan suara

Dengan adanya lapisan wiremesh besi baja dan beton dengan mutu tinggi di kedua sisi maka dinding akan semakin kuat dan tidak mudah untuk dibobol. Oleh sebab itu akan lebih baik apabila mulai sekarang, anda merancang bangunan anda dengan lebih baik lagi terutama untuk kekuatan, keamanan dan daya tahan untuk waktu yang panjang. Sehingga anda akan merasa aman dan tenang untuk menjaga dan melindungi aset – aset anda.

Janganlah anda ragu-ragu lagi dalam menentukan bahan bangunan untuk rumah anda demi keamanan untuk menjaga aset dan investasi anda !!

Posted in: DPC, Konstruksi