Bila Kamar Mandi di Bawah Dapur atau di Atas Garasi

Posted on 11 Maret 2010

0


Jangan biarkan kamar mandi tampak polos dan biasa-biasa saja.
Punya waktu luang di akhir minggu ini? Ayo dandani kamar mandi biar cantik.

KOMPAS.com – SAYA tinggal di ruko. Lantai 2 saya jadikan tempat tinggal, sedangkan lantai 1 difungsikan sebagai kantor.  Dapur tempat saya memasak letaknya ada di atas kamar mandi untuk kantor yang ada di lantai 1.  Bagaimana komposisi ini dalam Fengsui?

Penempatan dapur di atas kamar mandi/WC sering terjadi pada bangunan ruko (rumah toko) atau rukan (rumah kantor). Dalam penelitian Fengsui, ada sebagian pakar yang membolehkan, ada yang melarang susunan ruang seperti ini.

Yang membolehkan, memiliki alasan yang cukup logis. Energi buruk dari kamar mandi, sekalipun saat terjadi kebocoran atau tersumbatnya saluran kamar mandi, tidak bisa mengalir secara langsung ke bawah. Dengan demikian tidak akan terjadi pencemaran pada dapur. Tetapi pada kasus ini masih harus diperhatikan satu hal, yaitu ventilasi di kamar mandi dan juga ventilasi di dapur.

Sementara itu, sebagian pakar yang menjadikan komposisi ini sebagai pantangan berpendapat bahwa dapur harus selalu dijaga kebersihannya atau bahkan “disakralkan”. Karena itu, dapur tidak boleh menduduki tempat yang kotor seperti di atas kamar mandi. Komposisi ini dianggap
tidak layak sehingga akan mengotori dan menghambat kualitas rezeki pemiliknya. Pendapat ini juga bisa dibenarkan karena tujuannya sama-sama untuk kebaikan dari kualitas hidup.

Pentingnya Ventilasi

Dalam kasus kamar mandi beserta WC, di manapun letaknya, Feng Shui selalu menekankan pentingnya ventilasi yang baik. Ventilasi yang dimaksud berupa celah untuk sirkulasi cahaya maupun udara. Tanpa ventilasi yang baik clan benar, biarpun letak kamar mandi sudah benar menurut perhitungan Fengsui, tetap akan melahirkan problem bagi kehidupan penghuni.

Kamar mandi yang tertutup rapat dan gelap tentunya akan menyimpan energi Yin yang sangat besar sehingga mengganggu nilai keselarasan. Energi Yin yang liar dan membesar ini disebut sebagai Sha qi atau hawa pembunuh. jadi, selama sirkulasi cahaya dan udara bisa berjalan dengan baik, posisi kamar mandi di bawah dapur masih bisa dibenarkan.

Untuk menghindari efek buruk yang mungkin timbul, sebaiknya posisi kompor tidak tepat berada di atas kloset atau bak penampungan air. Posisi ini akan diartikan sebagai “elemen api menduduki air”, sehingga akan memadamkan rezeki kehidupan.

Bila memang tidak bisa mendesain ventilasi yang baik untuk kamar mandi di bawah dapur, lebih baik hindari desain seperti ini.

Perawatan Dan Kebersihan

Faktor perawatan dan kebersihan di dapur dan kamar mandi mutlak diperlukan secara berkesinambungan. Bisa kita bayangkan kalau saluran dapur yang rawan tersumbat ini tiba tiba buntu dan limbah cairannya menetes ke kamar mandi di bawahnya. Udara di dalam kamar mandi akan bercampur baur tidak karuan sehingga menimbulkan bau yang bisa menyesakkan nafas. Otomatis orang yang menghirupnya akan terserang sakit kepala.

Perlu diketahui bahwa ruang tertutup seperti kamar mandi yang mengandung udara Sha Qi, bila mendapat limbah akibat kebocoran saluran dapur di atasnya, akan memperbesar kualitas Sha Qi. Tentunya Sha Qi ini berisi kuman penyakit yang mematikan.

Jadi baik tidaknya letak dapur di atas kamar mandi lebih ditentukan pada baik tidaknya ventilasi sinar dan sirkulasi udara. Selain itu, kondisi ini dipengaruhi pula oleh cara kita merawat kamar mandi dan dapur yang letaknya bertindihan. Kalau kedua syarat tersebut bisa dipenuhi secara benar, maka kamar mandi di bawah dapur tetap memiliki nilai yang baik menurut Fengsui