Konsep Desain Interior Gaya Rustic

Posted on 27 Januari 2010

0


Jati Diri Gaya Rustic

Secara harfiah, Rustic diartikan sebagai sesuatu yang simpel, tak berseni dan kasar. Gaya ini meruupakan perpaduan dari hal-hal baku pada penataan interior. Tidak hanya di rumah bergaya Country, gaya Rustic juga dapat dipadupadankan dengan gaya modern. Dengan sentuhan Rustic di dalam gaya modern, ruangan akan terlihat unik dan lebih berkarakter. Tak hanya itu saja, gaya Rustic juga dapat menunjukkan jati diri dari pemilknya.

Gaya Rustic langsung dapat terlihat dari desain teksturnya yang kasar dan berantakan, dinding batu ekspos, furniture dari bongkahan kayu yang tidak diampelas halus atau lampu gantung berkarat, merupakan ciri gaya Rustic. Di era desain Go Green sekarang ini, gaya Rustic sangat tepat ditambahkan dalam penataan interior karena Anda dapat menggunakan barang-barang bekas seperti ranting, kaleng atau barang kuno yang sudah tidak terpakai menjadi pajangan penghias ruang.

Memadukan Gaya Rustic

Memang tak sembarang material dapat ditambahkan untuk menciptakan gaya Rustic, salah-salah ruangan malah terlihat kotor dan semrawut. Caranya dengan tidak mengekspos berlebih pada elemen Rustic nya. Misalnya, pemakaian kayu yang teksturnya dibiarkan terlihat jelas dan tidak dibuat Glossy. Efeknya, tampilan kayu tetap tampil alami dan tidak terpengaruh industrialisasi, namun justru di situlah seninya. Mengenai nilai seni yang ditampilkan, tidak tergantung dari rumitnya bentuk dan mahalnya material, melainkan bagaimana mengolahnya. Beberapa ranting dengan ukuran beragam dapat diikat rapi, dan kemudian dipajang di meja konsol atau Credenza modern. Anda juga dapat memadukan keeksotisan bata ekspos dan kayu bertekstur dengan material yang halus seperti keramin dan kaca. Untuk ranting berukuran besar dapat Anda kreasikan menjadi Shutter, bingkai, Hanging Rack, dll.

Tips Mengolah Gaya Reustic

  • Pilih sisi ruang yang monoton. Berikan sentuhan bergaya Rustic berupa rangkaian ranting kering yang disusun sedemikian rupa menyesuaikan gaya rumah.
  • Percantik benda-benda yang sudah ada dengan gaya Rustic.
  • Berikan kejutan di dalam ruang dengan menaruh lampu-lampu atau benda-benda tua bertekstur karat.
  • Berikan detail Rustic yang unik.
  • Anda dapat terus berkreasi membuat ornamen Rustic yang bersifat temporer untuk menghindari kebosanan.

Sumber : Deskonstruksi Personal Company